Landscaping Kolam RenangMempunyai kolam renang pribadi yang nyaman dan

Landscaping Kolam Renang

mempunyai kolam renang pribadi yang indah, cantik serta nyaman adalah harapan bagi semua orang. bagi anda yang sedang merencanakan membangun kolam renang mungkin perlu menambahkan beberapa perlengkapan dan penataan landscaping untuk kolam renang sehingga anda dapat menikmati keindahan serta kenyamanan kolam renang pribadi anda. Jangan lupa untuk memperhatikan ketersediaan tempat agar sesuai dengan kebutuhan dan selera anda. Sebaiknya anda konsultasi terlebih dahulu dengan ahli pembuat kolam kolam renang agar tercipta kolam renang pribadi yang sesuai dengan keinginan anda.

1. Pool Deck atau Teras kolam

Yang sangat penting dalam pemilihan material pooldeck adalah bahan material harus anti licin atau anti selip serta harus diperhatikan bahwa level atau ketinggian kolam renang tidak boleh lebih tinggi dari teras atau pool deck.

Salah satu pilihan yang dapat digunakan adalah teras dengan dek kayu, lantai dengan batuan alam, stepping stone yang ditata dengan rapi sehingga keindahan semakin memancar dari kolam renang pribadi anda.

2. Edging atau pinggiran kolam
Edging adalah material yang digunakan untuk pinggiran atau bibir atas dari kolam renang dan bukanlah merupakan bagian dari pool deck. Edging biasanya dipasangkan mengelilingi seluruh pingiran bibir atas dari kolam renang. Material yang digunakan dalam edging ini sering juga disebut dengan ”coping”. Material yang dipergunakan biasanya dari bahan beton, beton precast, batu atau ada juga dari bahan keramik. Bentuk dari coping ada dalam berbagai macam tapi umumnya harus membentuk yang membulat pada sudutnya.

3. Penanaman Pohon dan Tanaman
Penanaman pohon disekitar kolam renang akan memberikan rasa rindang dan juga akan mengurangi polusi terhadap sekitar kolam renang. Dengan desain arsitektural yang menarik maka anda akan semakin menikmati saat saat berenang anda. Pemilihan pohon dan tanaman harus diperhatikan juga, pilihlah pohon dimana daunnya tidak terlalu lebar dan tidak cepat gugur , karena jika sering jatuh ke air kolam juga akan mengurangi higienis air, untuk itu anda juga perlu mengatur penempatannya supaya daun bila gugur tidak langsung jatuh ke kolam. Penempatan dengan akar besar perlu dihindari berdekatan dengan kolam, karena semakin lama akar akan membesar yang bisa merusak konstruksi kolam itu sendiri. Beberapa pohon yang mungkin anda apat pilih adalah pohon kelapa, bungs kamboja, dadap merah ,tumbuhan palem kecil atau pisang kipas.

4. Gazebo
Gazebo adalah sebuah bangunan kecil yang digunakan sebagai tempat berteduh dan beristirahat, berkumpul, dan menikmati makanan dan minuman selama melakukan aktivitas renang. Jenis jenis gazebo ini ada dalam berbagai bentuk, bisa menggunakan kayu, beton ataupun bahan plastik. Penempatan gazebo diusahakan jangan sampai mengganggu proses jalan menuju kolam dan penempatan diusahakan tidak mengganggu keselamatan.

5. Table and Chair Set
Perlengkapan ini diperlukan saat bersantai dan saat istirahat. anda bisa menempatkan furniture meja dan kursi untuk menikmati makanan dan minuman di dekat kolam. Tempatkan furniture tersebut jangan terlalu dekat dengan kolam.

6. Umbrella Set
Adalah perlengkapan dengan bentuk payung besar yang digunakan sebagai tempat berlindung dari terpaan sinar matahari dan tempat bersantai.

7. Sun Longer
yaitu sejenis kursi panjang tempat bersantai sebelum atau setelah berada diluar kolam. Sun Longer umumnya terbuat dari bahan kayu, fiber, plastik atau bahan rotan sintetis atau kombinasi dari bahan-bahan tersebut dengan design yang dirancang untuk memberikan kenyamanan.

8. Overflow atau Tumpahan Air
Pemberian overflow atau tumpahan air di pinggir kolam, dapat menambah suasana nyaman di area tersebut. Pemilihan overflow bisa menggunakan berbagai bentuk yang artisitk di pinggiran kolam.

Semoga Bermanfaat !!!!

(Sumber, Posted by khedanta)